• info[at]asiathemes[dot]com
  • (2)245 23 68

5 Jenis Juicer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

membuat orange juice menggunakan juice extractor

5 Jenis Juicer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

admin / August 30, 2018

Di jaman modern ini, juicer telah menjadi andalan masyarakat untuk memperoleh asupan buah maupun sayur dengan cara mudah. Salah satunya adalah dengan meminum ekstrak sari buah atau sayur yang diperoleh dengan cara mengekstraknya menggunakan alat yang bernama juicer atau juice extractor. Bukan hanya mudah, juicer bisa mempercepat Anda dalam membuat sajian ekstrak sari buah. Berikut ini beberapa jenis juicer yang ada di pasaran, sekaligus kelebihan dan kekurangannya.

  1. Manual Juicer

Juicer ini digunakan untuk mendapatkan ekstrak jus jeruk dengan bantuan tangan. Biasanya, manual juicer ini menggunakan perangkat berbentuk kerucut sebagai tempat untuk memeras jeruk.

Kelebihan: mudah digunakan, lebih hemat (tidak perlu dihubungkan daya listrik), lebih murah, mudah dibersihkan, dan nutrisi tetap terjaga karena tidak melibatkan panas.

Kekurangan: membutuhkan tenaga manusia, meja menjadi kotor, hanya untuk buah jeruk saja, dan merepotkan jika membuat jus dalam jumlah banyak.

  1. Centrifugal Juicer

Biasanya, juicer ini mempunyai grater disc, semacam parutan berbentuk piringan. Komponen inilah yang akan berputar cepat saat melumatkan buah dan sayur. Setelah itu, jus diekstrak dengan putaran sentrifugal hingga terpisah antara sari dan ampasnya.

Kelebihan:  hasil perasan maksimal, cepat, dapat digunakan untuk banyak jenis buah dan sayur, dan mudah dibersihkan.

Kekurangan: nutrisi berkurang, harus mengosongkan tempat ampas, dan berisik.

  1. Masticating Juicer

Kecepatan juicer ini lebih lambat daripada centrifugal juicer. Hanya saja, alat ini dilengkapi komponen yang bisa digunakan untuk menggerus sehingga bisa digunakan untuk membuat selai kacang, saus apel, dan sebagainya.

Kelebihan: cepat dengan kebisingan rendah dan nilai gizinya lebih terjaga dibanding centrifugal juicer.

Kekurangan: lebih sulit memproses sayur daripada buah, ukurannya besar dan berat, serta butuh tenaga ekstra saat memasukkan buah ke penggiling.

  1. Single-Auger Juicer

Auger menjadi komponen utama untuk menghancurkan bahan, kemudian menekan keluar jus. Tidak hanya digunakan untuk membuat selai kacang, alat ini juga bisa digunakan untuk membentuk pasta.

Kelebihan: tidak berisik, nilai gizi tinggi, mampu mengolah sayur hijau, dan mudah dibersihkan.

Kekurangan: proses lama, ukuran besar, dan bentuk alatnya kurang menarik.

  1. Twin-Gear Juicer

Juicer ini menggunakan dua alat yang berputar dengan kecepatan rendah untuk mencabik serat sekaligus mengeluarkan jus. Sayuran keras juga dapat diolah dengan alat ini.

Kelebihan: gizi tetap tinggi, tidak berisik, dan dapat mengolah buah atau sayuran keras.

Kekurangan: proses lama, sulit dibersihkan, dan harganya mahal.

 

Leave a Reply

@ 2017 Esol Theme powered by WordPress Developed by ASIATHEMES