• info[at]asiathemes[dot]com
  • (2)245 23 68

Langkah yang Harus Dilakukan Jika Menggunakan Genset Diesel

genset diesel

Langkah yang Harus Dilakukan Jika Menggunakan Genset Diesel

admin / November 14, 2018

Jika Anda baru saja membeli genset diesel tapi masih bingung gimana cara mengoperasikannya. Pada artikel ini kami akan memberitahukan hal apa saja yang harus Anda lakukan ketika hendak menggunakan genset, baik itu sebelum menggunakannya, ketika sedang menggunakannya dan setelah penggunaannya. Yuk simak ulasanya:

yang harus dilakukan sebelum penggunaan

  1. Periksalah apakah sudah ada  bahan bakar, jangan sampai ketika dihidupkan tangki bahan bakarnya kosong.Anda juga harus periksa posisi kran pada tangki. Pastikan sudah dalam keadaan On atau terbuka. Periksa bahan bakar (posisi kran pada daily tank harus ON atau tetap terbuka).
  2. Periksalah ketersediaan air radiator. Jika airnya kurang atau bahkan kosong, maka segeralah tambahkan airnya.
  3. Periksalah air pada ACCU. Jika dirasa kurang atau kosong, langsung tambahkan saja air.
  4. Pastikan oli mesin tetap ada. Jika kurang, maka tambahkan. Oli ini sangat penting pada mesin diesel karena agar gesekan mesin lebih halus karena ada pelumasnya.
  5. Periksa juga apakah kabel R-S-T-N sudah terpasang pada posisi yang benar.
  6. Pasanglah kabel ACCU pada tempat yang benar dan kuat. Warna merah untuk kutub positif (+), dan  warna hitam untuk kutub (-)
  7. Yang terakhir, bukalah box panel, lalu naikkan semua MCB

yang harus dilakukan ketika sedang digunakan

Nah, setelah semua hal diatas sudah Anda perhatikan dan pastikan dengan tepat. Selanjutnya, yang harus Anda perhatikan ketika sedang menggunakan genset diesel adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan warming up pada mesin, kira – kira sekitar 10 menit. Hal ini dilakukan sebagai pemanasan mesin sebelum bekerja memproduksi listrik.
  2. Pastikan bahwa elemen seperti battery charge, water temperature , frequency meter, dan volt meter AC masih dalam keadaan baik ketika mesin menyala.

yang harus dilakukan setelah penggunaan

Setelah Anda sudah selesai menggunakan genset diesel, Anda harus menurunkan breaker. Lalu, lakukan cooling down sekitar 5 menit, barulah Anda matikan mesinnya.

Nah, langkah – langkah di atas harus Anda lakukan agar genset Anda tetap awet dan panjang umurnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

@ 2017 Esol Theme powered by WordPress Developed by ASIATHEMES